RTP LIVE : DEMO SLOT PRAGMATIC PLAY & PGSOFT

seru seruan disini geber rtp live slotnya gratis demo pragmatic play ya guys...

Cara Mengatasi Mimpi Buruk Menurut Islam dan Budaya

Cara mengatasi mimpi buruk ada beberapa cara menurut sumber yang berbeda. Setiap orang pasti pernah bermimpi buruk. Yang mana dari mimpi tersebut, menghasilkan perasaan gelisah, khawatir, takut, cemas, bahkan trauma. Mimpi yang demikian dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari sang pemimpi.

Oleh sebab itulah, perlu melakukan beberapa langkah agar kembali mendapatkan ketenangan dalam pikiran. Contoh mimpi buruk seperti dikejar setan, mimpi meninggal dunia, atau mimpi tentang bencana alam yang luar biasa.

Apa Itu Mimpi Buruk?

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi mimpi buruk, sebaiknya memahami apa dan bagaimana sebuah mimpi bisa muncul ketika Anda tidur. Mimpi merupakan pengalaman di alam bawah sadar seseorang. Yang mana pengalaman itu melibatkan berbagai macam perasaan.

Dampak dari kejadian yang muncul dalam mimpi, membuat perasaan apakah negatif atau positif. Kalau yang keluar adalah perasaan negatif, itu merupakan mimpi buruk. Kebalikannya, kalau yang keluar adalah perasaan positif, itu merupakan mimpi baik yang bisa menambah semangat dalam menjalani kehidupan.

Tidak hanya perasaan, tetapi mimpi juga melibatkan emosi, pikiran, penglihatan, pendengaran, perabaan, dan indera manusia yang lainnya. Jadi, seolah-olah mimpi benar-benar Anda rasakan meskipun itu muncul ketika Anda tertidur.

Tidak jarang seseorang melupakan mimpinya semalam. Kalau sudah lupa, itu bukan menjadi soal. Namun, kalau seseorang tidak melupakan mimpinya, kemudian berdampak pada perasaan setelah bangun. Harus melakukan beberapa cara mengatasi mimpi buruk berikut ini.

Cara Mengatasi Mimpi Buruk

Untuk mengatasi dampak dari perasaan yang kacau setelah mimpi buruk. Anda mesti meluangkan sedikit waktu supaya perasaan tenang kembali. Kalau menjalani kehidupan dengan rasa tenang, maka kedamaian akan senantiasa Anda rasakan.

1. Cara Mengatasi Mimpi Buruk Menurut Primbon Jawa

Ada banyak contoh kejadian mimpi yang mempunyai arti negatif atau kurang baik. Salah satunya mimpi tentang gigi tanggal/copot/lepas yang berkaitan dengan nasib sial yang akan menimpa sang pemimpi atau keluarga. Menurut Primbon Jawa, ketika seseorang mengalami mimpi gigi lepas tersebut harus hati-hati dan waspada.

Cara mengurangi dampak dari mimpi buruk bisa Anda lakukan melalui beberapa langkah berikut ini.

  1. a) Ambil sapu lidi, tusuk gigi, atau bambu kecil. Kalau panjangnya masih lumayan, sebaiknya memotongnya lebih dulu.
  2. b) Potong media tersebut menjadi 7 bagian dengan ukuran yang lebih kecil. Ukurannya kira-kira sekitar 3 cm.
  3. c) Siapkan media untuk membungkusnya, berwarna putih, seperti kertas atau tisu. Kemudian siapkan pula garam dapur, Anda hanya membutuhkan sedikit garam dalam langkah ini.
  4. d) Proses selanjutnya adalah meletakkan potongan kecil tadi (yang berjumlah 7 buah) ke dalam media pembungkus. Jangan lupa menabur sedikit garam dapur di atasnya.
  5. e) Lipat bungkusan hingga benar-benar rapat. Lalu kubur bungkusan itu ke tanah di sekitar halaman rumah Anda.

Saat melakukan penguburan media itu, berdoalah meminta kepada Yang Maha Kuasa agar terhindar dari dampak mimpi buruk. Doanya bebas, asalkan niatnya benar-benar bulat agar ampuh untuk memagari dampak buruk dari mimpi Anda.

2. Cara Mengatasi Mimpi Buruk Menurut Islam

Dalam Islam, kalau Anda mimpi yang kurang baik, bisa langsung mengucapkan doa mimpi buruk. Doa itu adalah Allaahumma innii a’uudzu bika min ‘amalisy syaithaani, wa sayyiatil ahlam dengan sungguh-sungguh sambil menengadah tangan. Sama sebagaimana cara mengatasi menurut Primbon Jawa, niat yang bulat mutlak Anda butuhkan di sini.

Kalau Anda bangun di tengah malam (tidur belum selesai) setelah mimpi buruk, bisa melakukan beberapa tahapan lain. Yaitu meludah sebanyak 3x ke arah kiri, berdoa sebanyak 3x, dan mengubah posisi tidurnya dari yang semula.

Misalnya, sebelumnya Anda tidur tengkurap, maka ubah posisi Anda dengan telentang. Begitu pula ketika Anda tidur dalam keadaan miring ke kiri, cobalah untuk mengubahkan menjadi miring ke kanan. Dengan keyakinan yang kuat, maka mimpi buruk yang sebelumnya datang tidak akan mengganggu Anda malam itu.

Pembagian Mimpi Menurut Para Ahli

Aristoteles, yang merupakan salah satu filsuf dari Yunani (384-322 Sebelum Masehi), juga mengemukakan pendapat tentang Buku Mimpi seseorang. Menurutnya, mimpi adalah salah satu aktivitas mental yang terjadi hanya ketika orang tersebut sedang tidur.

Saat Anda tidur, pada dasarnya semua indera manusia masih bisa menangkap respons dari luar tubuhnya. Respons atau rangsangan tersebut lalu menjadi lebih besar dan masuk ke alam bawah sadar menjadi mimpi. Contoh dari pandangan ini seperti orang yang tidur dalam keadaan kedinginan, sangat mungkin mengalami mimpi sedang berada di gunung salju.

Setelah sepeninggal Aristoteles, Macrobius dan Artemidorus mengemukakan pendapatnya tentang mimpi. mereka berdua membagi mimpi menjadi 2 bagian, antara lain sebagai berikut.

1. Mimpi tentang Masa Sekarang dan Masa Lalu

Dalam kategori pertama tentang mimpi ini, seringkali berkaitan dengan kejadian atau peristiwa di masa silam. Termasuk kejadian atau peristiwa sebelum Anda tidur. Mengatasi mimpi buruk tentang masa lalu harus punya keberanian dalam menghadapinya. Contoh dari kategori ini seperti Anda yang tidur dalam keadaan menahan kencing.

Tidur menahan kencing memungkinan Anda akan mengalami mimpi buang air kecil di sungai, di dalam air banjir (merasa basah), dan lain sebagainya. Yang mana hal itu berimbas secara langsung ke kehidupan nyata, yaitu Anda yang benar-benar kencing di tempat tidur meskipun sedang enak-enak terlelap.

2. Mimpi tentang Masa Depan

Kategori kedua yaitu mimpi yang berkaitan dengan masa depan, bisa berbentuk pandangan atau ramalan. Lebih rinci lagi, mimpi tentang masa depan oleh Macrobius dan Artemidorus dibagi menjadi 3, antara lain: oraculum, visio, dan somnium.

Oraculum adalah mimpi yang berkaitan dengan keilahian, umumnya pesan dari Tuhan. Visio sesuai dengan namanya adalah mimpi yang meramal peristiwa akan terjadi di masa depan. Sedangkan somnium merupakan mimpi yang bersifat simbolis tersirat, sehingga membutuhkan penafsiran yang hati-hati menurut sumber Erek erek 2d .

Mencegah dan Mengatasi Mimpi Buruk

Untuk melakukan pencegahan agar mimpi buruk tidak datang ke dalam tidur Anda. Beberapa langkah pencegahan berikut ini bisa Anda lakukan.

  1. a) Melakukan aktivitas sebelum tidur, seperti olahraga atau aktivitas produktif. Agar tidur Anda menjadi benar-benar nyenyak dan tenang.
  2. b) Jangan sampai stress berlebihan. Stress adalah hasil dari kombinasi antara pemikiran keras dengan perasaan yang kurang baik. Sehingga bisa memberi mimpi buruk kalau Anda tidur dalam keadaan stress.
  3. c) Pastikan kamar tempat tidur Anda nyaman dan bersih. Bagi sebagian orang, kebersihan dan kerapian di rumah akan memberi kepuasan tersendiri. Kalau tidak bersih, mereka akan terlalu memikirkannya sehingga mendatangkan mimpi buruk.

Itulah beberapa cara mengatasi mimpi buruk, sekarang Anda bisa tidur dengan lebih tenang dan nyenyak. Kalau mimpi buruk datang, tinggal mengurangi dampaknya dengan cara-cara di atas. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

My Blog © 2022 Frontier Theme